PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN KARANGSARI 02 DEMAK

Febrianingrum, Nurmila Yusnita (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN KARANGSARI 02 DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
34301700039_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)

Abstract

Pemecahan masalah adalah salah satu aspek berfikir tingkat tinggi, sebagai proses menerima masalah dan berusaha menyelesaikan masalah tersebut. Dalam pemecahan masalah terdapat empat indikator yaitu: memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik di SDN Karangsari 02 Demak masih tergolong rendah. Sehingga sangat diperlukan model pembelajaran yang inovatif, salah satunya menggunakan model pembelajaran two stay two stray yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengkomunikasikan pikirannya dengan baik melalui lisan maupun tulisan serta mengungkapkan ide atau gagasan matematika melalui diskusi kelompok maupun antar kelompok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain pre-eksperimental design. Sampel diambil menggunakan sampel sistematis dari populasi sebanyak 48 dan diambil sebanyak 45 peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SDN Karangsari 02 Demak. Hasil uji normalitas berdistribusi normal, dilihat pada nilai pretest dan posttest dari LMaks pretest 0.957 dan posttest 0.963 yang nilainya < LTabel yaitu 0.134. untuk uji hipotesis berupa uji t (paired sample t test) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang dilihat dari nilai lower dan upper bernilai negative dan nilai sig. (2-tailed) memperlihatkan angka 0.000 yang berarti < 0.05. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Model Two Stay Two Stray

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:48
Last Modified: 17 Jan 2023 02:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27095

Actions (login required)

View Item View Item