PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMBELI TERHADAP PENGAMBILALIHAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH SECARA DIBAWAH TANGAN (Studi Putusan Nomor 344/Pdt.G/2015/PN.Smg)

PRAVITASARI, EVIE (2022) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMBELI TERHADAP PENGAMBILALIHAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH SECARA DIBAWAH TANGAN (Studi Putusan Nomor 344/Pdt.G/2015/PN.Smg). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21301900122_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)

Abstract

Kredit Pemilikan Rumah Subsidi merupakan kredit yang diperuntukan kepada masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah dalam rangka memenuhi kebutuhan perumahan atau perbaikan rumah yang telah dimiliki. KPR merupakan fasilitas kredit yang diberikan oleh pihak Bank selaku kreditur kepada konsumen (pembeli) sebagai debitur yang digunakan untuk pembelian tanah beserta bangunan rumah di atasnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa perlindungan hukum bagi pembeli terhadap jual beli pengambilalihan kredit pemilikan rumah yang dilakukan secara di bawah tangan dan untuk mengetahui dan menganalisa keabsahan jual beli yang bertujuan mengambilalih kredit pemilikan rumah secara di bawah tangan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pendekatan yuridis normatif, spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskritif analitis, analisis data yang digunakan penelitian ini adalah analisis kualitatif. Teori hukum yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori perlindungan hukum dan kepastian hukum. Hasil penelitian: 1) Perlindungan hukum bagi pembeli dalam kasus jual beli rumah dan tanah secara di bawah tangan dapat diperoleh dengan mengajukan permohonan penetapan ke pengadilan negeri setempat untuk mengesahkan proses jual beli tersebut, 2) Keabsahan jual beli yang bertujuan mengambilalih kredit pemilikan rumah secara di bawah tangan tidak mengikat pihak ketiga. Sehubungan dengan hal tersebut, maka berdasarkan hukum pemilik yang sah atas tanah dan bangunan tersebut adalah pemilik pihak pertama sehingga peralihan haknya harus melalui/mendapat persetujuan pihak pertama. Hal ini menyulitkan di kemudian hari, apalagi jika pemilik sudah diketahui keberadaannya. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Kredit Pemilikan Rumah, Pengambilalihan Kredit

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:47
Last Modified: 17 Jan 2023 02:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27094

Actions (login required)

View Item View Item