PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MASYARAKAT ATAS KEPASTIAN HUKUM AKTA OTENTIK NOTARIS TERHADAP AKTA YANG TIDAK DIBACAKAN DAN DITERANGKAN KEPADA PARA PIHAK

SYAIFUDDIN, DIDID MUHAMMAD (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MASYARAKAT ATAS KEPASTIAN HUKUM AKTA OTENTIK NOTARIS TERHADAP AKTA YANG TIDAK DIBACAKAN DAN DITERANGKAN KEPADA PARA PIHAK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21301900116_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya notaris yang di ajukan kepengadilan akibat kesalahan dalam pembuatan Akta notaris – notaris mengabaikan kode etik yang bertentangan dengan nilai –nilai moral UUJN yang dijadikan dasar pofesionalisme seorang notaris yang diabaikan begitu saja demi mendapatkan klien yang menempuh cara kurang etis dalam mendapatkan keinginanya. Peran notaris dalam melaksanakan tugas dan jabatanya berdasarlan kode etik untuk memberikan Perlindungan Hukum Masyarakat diharpkan mampu memberikan kepercayaan bahwa Akta yang dibuat sesuai denga UUJN dan kode etik notaris. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui atas kepastian hukum akta otentik notaris terhadap akta yang tidak dibacakan dan diterangkan kepada para pihak serta bagaimana penerapan perlindungan hukum terhadap masyarakat dan hambatan serta solusi pelaksanaan perlindungan hukum terhadap masyarakat. Metode di penelitian ini menggunakan yuridis Sosiologis, artinya penelitian dilakukan terhadap keadaan nyata penerapan hukum terhadap masyarakat dengan maksud dan tujuan untuk menemukan fakta (fact-finding), yang kemudian menuju pada indentifikasi (problem identification) dan kemudian menuju pada penyelesaian masalah (problem solution). Teori yang digunakan ialah teori perlindungan hukum dan teori kepastian hukum. Hasil penelitian sangat mulilitian menunjukan bahwa peran notaris sebagai pejabat publik yang ditunjuk oleh Pemerintah yang berhak membuat akta apabila dalam pembuatan Akta tersebut tidak sesuai UUJN dan kode etik Akta tersebut dikemudian hari akan bermasalah. Tugas notaris sangat mulia karena terkandung dan membawa amanat masyarakat dan negara sekaligus memberikan penyuluhan hukum karena jabatan kepercayaan. Kedudukan notaris sangat esensial tidak berpihak dan mandiri tetapi dalam pembuatan akta atas permintaan para pihak yang dicantumkan dalam akta. Notaris harus professional artinya bersifat tegas, cepat, tanggap, teliti, jeli tidak berpihak sesuai UUJN dan kode etik. Peran notaris dalam menjalankan tugas dan jabatanya dalam memberikan perlindungan hukum masyarakat harus independen bersikap netral dan tidak memihak dengan tujuan akta yang dibuat sesuai dengan UUJN dan kode etik dan memberikan hukum bagi masyarakat. Kata kunci : Notaris-perlindungan hukum terhadap masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:45
Last Modified: 17 Jan 2023 02:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27091

Actions (login required)

View Item View Item