HALAMAN JUDUL ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MASA PADEMI DI KELAS IV SD SUMBERAGUNG 02

Salim, Mohamad Nur (2022) HALAMAN JUDUL ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MASA PADEMI DI KELAS IV SD SUMBERAGUNG 02. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
34301700030_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang penulis temukan yaitu kendala tidak semua siswa memiliki Handpone, kendala signal atau kuota, kendala siswa susah memahami materi karena pembelajaran daring, kendala penilaian tidak objektif. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pemahaman guru pada implementasi pembelajaran tematik pada masa pandemi, serta mengetahui persiapan yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik pada masa pandemi. Desain penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif analisis data instrumen. Teknik analisis data mengacu pada model Milles dan Hubberman yang terdiri dari pengumpulan dat, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas teknik triangulasi yang meliputi triangulasi teknik dan sumber. Instrumen yang dipakai adalah lembar wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pemahaman Guru terhadap materi pada implementasi pembelajaran tematik ini dengan menerapkan kurikulum darurat. Kurikulum darurat adalah cara yang digunakan Guru untuk memberikan pembelajaran yang efektif dan fleksibel meskipun terbatas dengan waktu dan masalah jaringan, persiapan yang dilakukan guru adalah dengan membuat RPP (rencana pelaksaaan pembelajaran) dan melakukan home visit. Membuat RPP ini dapat menambah motivasi siswa dalam melaksanakan pembelajaran, sedangkan melakukan home visit sangat bermanfaat untuk memantau proses pembelajaran siswa dari rumah agar segala kesulitan yang dihadapi siswa segera diberikan solusi oleh guru dan orang tua. Kata kunci : kesiapan guru, pembelajarn tematik, pandemi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:53
Last Modified: 17 Jan 2023 02:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27082

Actions (login required)

View Item View Item