PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 4 SD KEMALA BHAYANGKARI 02

Styawan, Lutfi Ari (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 4 SD KEMALA BHAYANGKARI 02. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
34301700027_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping berbantuan Classroom terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas 4 SD Kemala Bhayangkari 02. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu menggunakan pre eksperimental dengan bentuk one grups pretest-posttest. sampel yang di ambil sebayak 25 siswa. Model pembelajaran mind mapping adalah model pembelajaran yang mengelola informasi melalui bentuk peta yang disajikan langsung ke dalam teks berupa diagram. Media tertulis di atas kertas, dengan animasi yang disukai dan dipahami pembuatnya. Hasil penelitian menunjukan nilai uji normalitas pre-test angka Lhitung 0,749 yang membuktikan bahwa data berdistribusi normal dengan rata-rata sebesar 50,48 Sedangan nilai post-test menunjukkan angka Lhitung 0,751 membutikan bahwa data berdistribusi normal dengan rata-rata sebesar 84,2. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa Thitung > TTabel dengan angka 6,774 > 2,064 Maka Ho ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping berbantuan classroom berpengaruh dalam meningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD Kemala Bhayangkari 02. Kata kunci : , mindp mapping, classroom, hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:52
Last Modified: 17 Jan 2023 02:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27079

Actions (login required)

View Item View Item