ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MINAT ANAK TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA DAN PERAN GURU DALAM MEMBANGKITKAN MINAT BELAJAR ANAK

Rahardian, Kukuh Tyas Eka (2022) ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MINAT ANAK TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA DAN PERAN GURU DALAM MEMBANGKITKAN MINAT BELAJAR ANAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
34301700023_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang penulis temukan yaitu rendahnya minat anak terhadap mata pelajaran matematika dan bagaimana peran guru dalam membangkitkan minat belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab anak tidak menyukai matematika dan peran guru dalam membangkitkan minat belajar anak. Desain penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik analisis data mengacu pada model Milles dan Hubberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas teknik triangulasi yang meliputi triangulasi teknik dan sumber. Instrumen yang dipakai adalah lembar wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa anak tidak menyukai matematika karena dirasa sulit dan rumit, guru juga menyikapi dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah dan demontrasi. Persiapan yang dilakukan guru adalah dengan membuat RPP (rencana pelaksaaan pembelajaran) dan tetap melakukan home visit. Membuat RPP ini dapat menjadi acuan guru dalam mengajar, sedangkan melakukan home visit sangat bermanfaat untuk memantau proses pembelajaran siswa dari rumah agar segala kesulitan yang dihadapi siswa segera diberikan solusi oleh guru dan orang tua karena siswa biasanya ada yang malu bertanya dan agak lamban dalam menangkap materi. Kata kunci : Matematika, peran guru, minat belajar anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:07
Last Modified: 16 Jan 2023 07:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27077

Actions (login required)

View Item View Item