EFEKTIVITAS METODE BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD N 1 KALANGLUNDO

Rahmawati, Dwi Nur (2022) EFEKTIVITAS METODE BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD N 1 KALANGLUNDO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
34301700012_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode blended Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Kalanglundo. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Pre Experimental One Group Pretest-Posttest Design. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV SD N 1 Kalanglundo, yaitu sebanyak 52 siswa. Pengambilan sampel yang dilakukan oleh peneliti menggunakan teknik nonprobability Sampling atau disebut dengan sampling sistematis dan didapatkan sampel sebanyak 47 siswa. Data blended learning siswa dikumpulkan melalui tes kemampuan hasil belajar yang berbentuk soal uraian dengan jumlah butir soal sebanyak 10 butir. Data hasil tes kemampuan hasil belajar dianalisis dengan Uji paired Sample t-test. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa dengan uji paired sample t-test dengan menggunakan bantuan program SPSS, karena lower bernilai negatif dan Upper bernilai negatif atau Sig. (2-tailed) = 0,000 < α = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dimana Ha = terdapat pengaruh kemampuan hasil belajar antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa model Blended Learning Kata Kunci : Metode Blended Learning, Hasil belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:03
Last Modified: 16 Jan 2023 07:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27073

Actions (login required)

View Item View Item