ANALISIS KREATIVITAS MENGAJAR GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING SDN 04 NAMBUHAN PURWODADI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Safitri, Anggi Winda (2022) ANALISIS KREATIVITAS MENGAJAR GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING SDN 04 NAMBUHAN PURWODADI PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
34301700008_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)

Abstract

Di masa Pandemi Covid-19 di Indonesia yang sedang terjadi memiliki dampak pada proses belajar mengajar di seluruh sekolah di Indonesia, permasalahan ini mendasari perubahan proses belajar mengajar dari pembelajaran tatap muka menjadi daring. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru kelas dalam meningkatkan belajar siswa Kelas I di SD Negeri 04 Nambuhan Purwodadi, dan untuk mengetahui hambatan dan pendukung kreativitas guru kelas dalam meningkatkan belajar siswa di SD Negeri 04 Nambuhan Purwodadi. Jenis penelitian ini adalah field research yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini yaitu perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Kreativitas guru kelas dalam meningkatkan belajar siswa dinilai belum dilaksanakan secara maksimal. Dan dengan pembelajaran daring dinilai kurang efektif di karenakan ada beberapa siswa yang tertinggal tugas sekolah dan ada beberapa siswa yang masih satu hp dengan orangtua. Guru telah memanfaatkan media belajar dengan baik pada mata pelajaran tertentu, walaupun pada mata pelajaran yang lain belum menggunakan media yang mendukung pelajaran. Guru juga belum mengoptimalkan kreativitasnya dalam mengembangkan strategi belajar mengajar yang menarik, dikarenakan guru kurang menerapkan permainan yang edukatif pada siswa . Akan tetapi guru telah menciptakan iklim belajar yang kondusif dengan cara sering mengatur ruangan kelas dan mengajak siswa untuk bernyanyi agar dapat menghilangkan rasa jenuh ketika belajar; 2) Faktor-faktor yang menghambat kreativitas guru kelas dalam meningkatkan belajar siswa diantaranya kurangnya sumber dan media belajar milik sekolah yang dapat dimanfaatkan oleh guru, masih sulitnya mengatur siswa ketika sedang belajar dikarenakan mereka masih suka bermain-main, motivasi siswa yang masih rendah untuk belajar secara sungguh-sungguh, sehingga kedisiplinan siswa belum terbina dengan baik. Sedangkan faktor-faktor yang mendukung diantaranya kesukaan guru membaca buku-buku metode pembelajaran sehingga menambah pengetahuannya tentang kreatifitas dalam mengajar, dan keaktifan guru mengikuti pelatihan-pelatihan tentang kreatifitas guru. Kata Kunci. Kreativitas Guru, Pembelajaran Daring, Faktor Penghambat dan Pendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:53
Last Modified: 16 Jan 2023 06:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27071

Actions (login required)

View Item View Item