PENGARUH METODE REWARD TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA SISWA SD NEGERI 04 MAJAKERTA

Ahimsa, Afiq Dwi (2022) PENGARUH METODE REWARD TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA SISWA SD NEGERI 04 MAJAKERTA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
34301700006_fullpdf.pdf

Download (981kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)

Abstract

Reward merupakan salah satu metode yang penting dalam dunia pendidikan, begitu pula di SD Negeri 04 Majakerta. Namun minimnya penerapan metode reward menjadikan siswa mengalami ketidak semangatan dalam proses kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Begitu pula dengan kemampuan bercerita siswa, karena yang mampu bercerita didepan kelas hanya siswa yang memiliki kemampuan semangat belajar yang tinggi. Secara umum siswa enggan untuk bercerita di depan kelas, diperlukanya upaya untuk memperbaiki kemampuan yang dimiliki siswa. Tujuan dari adanya penelitian skirpsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari metode reward terhadap kemampuan bercerita siswa di SD Negeri 04 Majakerta. Terkhusus pada kelas 3 yang dijadikan kelas sampel penelitian yang berjumlah 25 siswa. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan experiment yaitu pre-experiemental design dengan jenis One-grup pretest-posttest design. Siswa dinilai berdasarkan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi perubahan yang signifikan terhadap kemampuan bercerita siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Dapat di dilihat dari rata-rata data sebelum diberi perlakuan yakni 55,68 dan rata-rata data akhir setelah diberi perlakuan menjadi 80,75. Berdasarkan pada analisis data diatas maka dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang terdapat di SD Negeri 04 Majakerta adalah kurangnya semangat belajar siswa dan kurangnya penggunaan metode reward terhadap kemampuan bercerita siswa sehingga didalam pembelajaran semangat belajar siswa masih kurang. Dengan diterapkannya metode reward tersebut pada penelitian ini maka pembelajran di SD Negeri 04 Majaketa dapat membantu memberikan rasa semangat dan percaya diri terhadap siswa. Kata Kunci: Pengaruh, Metode Reward, Bercerita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:52
Last Modified: 16 Jan 2023 06:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27069

Actions (login required)

View Item View Item