PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN VIDEO DENGAN DEMONSTRASI TERHADAP KETERCAPAIAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR MAHASISWA KEPERAWATAN DI LABORATORIUM

Wahyuni, Riska (2021) PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN VIDEO DENGAN DEMONSTRASI TERHADAP KETERCAPAIAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR MAHASISWA KEPERAWATAN DI LABORATORIUM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902000186_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902000186_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)

Abstract

Latar Belakang: skills laboratory merupakan suatu kegiatan pelatihan keterampilan khususnya keterampilan psikomotor bagi mahasiswa di laboratorium yang bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa supaya siap dengan keterampilan klinik keperawatan. Kegiatan di laboratorium keperawatan meliputi belajar praktik melakukan berbagai teknik tindakan keperawatan dengan media pantum dan alat-alat kesehatan yang mana untuk bisa mengoprasikan alat-alat tersebut sangat lebih efektif dan bagus kalau di coba secara langsung. Namun pada kenyataannya pelaksanaan praktikum di laboratorium pada saat kondisi tertentu seperti kondisi pandemic atau wabah tidak bisa di lakukan secara langsung, tetapi harus di lakukan secara online. Disini peneliti mencoba meneliti instruksi online apakah dapat diintegrasikan atau di gunakan ke dalam memberikan materi praktikum tindakan keperawatan, kemudian Pengembangan video instruksional yang dapat dialirkan secara digital ke Web atau youtube untuk akses mahasiswa dan bisa di lihat berulang apakah juga dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan teknis dan klinis. Perkuliahan jarak jauh atau dengan menggunakan video di harapkan bisa mempercepat pembelajaran untuk mahasiswa, dan tentunya metode ini lebih fleksibel dan di harapkan kemandirian yang lebih besar pada mahasiswa untuk belajar secara virtual. Metode: Jenis penelitian ini metode Quasi Eksperimental Design dengan rancangan desain Posttest-only Non equivalent Control Group Design (POCGD), Kedua kelompok mendapatkan intervensi berbeda, dimana kelompok eksperimen menggunakan model video dan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran demonstrasi. sample penelitian ini berjumlah sebanyak 26 responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistic menggunakan Uji Independent T-Test Hasil: Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 26 responden sebagian besar memiliki karakteristik Usia 19-20 tahun. Jenis kelamin sebagian besar berjenis kelamin perempuan, pada kelompok intervensi dengan menggunakan metode video sejumlah 12 responden (92,3%) dan pada kelompok kontrol dengan menggunakan metode Demonstrasi sejumlah 11 responden (84.6%). kemudian nilai rerata untuk kelompok metode video 79,6 dan untuk kelompok metode demonstrasi 92,46 dengan nilai p value 0.0001 Simpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan ketercapaian kemampuan psikomotor mahasiswa antara menggunakan metode Video dengan menggunakan metode demonstrasi sehingga disimpulkan menggunakan metode demonstrasi lebih di baik daripada metode Video Kata Kunci: Metode Pembelajaran Demonstrasi, Pembelajaran Video, Psikomotor Daftar Pustaka:

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:25
Last Modified: 16 Jan 2023 06:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27056

Actions (login required)

View Item View Item