TINDAKAN PERUNDUNGAN SISWA DALAM BERINTERKSI DI SEKOLAH DASAR

Ilma, Fadila Zidni (2022) TINDAKAN PERUNDUNGAN SISWA DALAM BERINTERKSI DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
34301600783_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan perundungan, faktor terjadinya perundungan siswa di sekolah. Selain itu,penelitian ini juga bertujuanuntuk mengetahui dampak perilaku perundungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi sesuai pedoman yang telah dibuat. Analisis data yang digunakan yaitu dengan mereduksi data, mengelompokkan data berdasarkan kategori, memberi kode, dan menganalisis data. Untuk mengukur keabsahan data penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi sumber, yaitu siswa, wali kelas dan Kepala Sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk perilaku perundungan yang dialami subjek yaitu bentuk perundungan fisik, verbal dan psikologis. Faktor-faktor yang menyebabkan subjek perundungan karena fisikyangkecil dan lemah, siswa yang kurang percaya diri, susah menyesuaikan denganlingkungan. Dampak perilaku disekolah mempunyai dampak negatif terhadapkorbanyaitu korban merasa takut,menarikdiri, serta kurang fokus dalam belajar,dan menangis. Alternatif yang perlu dilakukan adalah Mengembangkan budaya relasi atau pertemanan yang positif. kut serta membuat dan menegakkan aturan sekolah terkait pencegahan perundungan. Kata kunci : Perundungan, Faktor Perundungan, Dampak Perundungan, Alternatif Pencegahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:24
Last Modified: 16 Jan 2023 06:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27054

Actions (login required)

View Item View Item