Nadlipah, Azimatun (2022) PENGEMBANGAN BUKU “CERCA (CERDAS MEMBACA)” SEBAGAI BUKU PENDAMPING MEMBACA PERMULAAN KELAS I SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
34301600771_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pendamping membaca permulaan, kelayakan serta kepraktisannya. Latarbelakang dari penelitian ini yaitu kemampuan dasar membaca siswa kelas I yang tidak sama karena dilatarbelakangi oleh TK yang berbeda serta kebutuhan sekolah akan sarana buku penunjang yang menarik dalam meningkatkan motivasi membaca siswa. Kelebihan dari buku ini adalah penyajian materi yang jelas dan sederhana sehingga mudah untuk dipahami dan dicerna siswa. Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluate) adalah model yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan dari lima tahapan tersebut, pengembangan buku pendamping CERCA menghasilkan persentase dari ketiga validator sebesar 88% kategori Layak. Persentase kepraktisan dari uji respon siswa sebesar 94% kategori Layak, dan uji respon guru sebesar 96% kategori Layak. Berdasarkan hasil tersebut, buku pendamping CERCA dinyatakan layak dan praktis untuk diterapkan di siswa kelas I SDN Jamus 1 Kabupaten Demak. Kata kunci: Buku pendamping, membaca
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 06:34 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 06:34 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27044 |
Actions (login required)
View Item |