PENGEMBANGAN BUKU “CERCA (CERDAS MEMBACA)” SEBAGAI BUKU PENDAMPING MEMBACA PERMULAAN KELAS I SEKOLAH DASAR

Nadlipah, Azimatun (2022) PENGEMBANGAN BUKU “CERCA (CERDAS MEMBACA)” SEBAGAI BUKU PENDAMPING MEMBACA PERMULAAN KELAS I SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
34301600771_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pendamping membaca permulaan, kelayakan serta kepraktisannya. Latarbelakang dari penelitian ini yaitu kemampuan dasar membaca siswa kelas I yang tidak sama karena dilatarbelakangi oleh TK yang berbeda serta kebutuhan sekolah akan sarana buku penunjang yang menarik dalam meningkatkan motivasi membaca siswa. Kelebihan dari buku ini adalah penyajian materi yang jelas dan sederhana sehingga mudah untuk dipahami dan dicerna siswa. Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluate) adalah model yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan dari lima tahapan tersebut, pengembangan buku pendamping CERCA menghasilkan persentase dari ketiga validator sebesar 88% kategori Layak. Persentase kepraktisan dari uji respon siswa sebesar 94% kategori Layak, dan uji respon guru sebesar 96% kategori Layak. Berdasarkan hasil tersebut, buku pendamping CERCA dinyatakan layak dan praktis untuk diterapkan di siswa kelas I SDN Jamus 1 Kabupaten Demak. Kata kunci: Buku pendamping, membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:34
Last Modified: 16 Jan 2023 06:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27044

Actions (login required)

View Item View Item