ANALISIS PEMAHAMAN ANAK TERHADAP LAGU NASIONAL DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN PADA SISWA KELAS V SDN 01 PAGELARAN

Askuri, Ajeng Noviana (2022) ANALISIS PEMAHAMAN ANAK TERHADAP LAGU NASIONAL DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN PADA SISWA KELAS V SDN 01 PAGELARAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
34301500652_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ditemukan adanya permasalaha terhadap pemahaman siswa terhadap lagu nasional dan turunya karakter semangat kebangsaan yang mana lebih banyak menyukai lagu modern dan kurang mendidik sehingga berdampak pada perilaku siswa yang tidak baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengembilan data yang digunakan ini adalah wawancara dengan guru kelas V dan angket yang diisi oleh siswa kelas V di SDN 01 Pagelaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman anak terhadap lagu nasional dan karakter semangat kebangsaan pada siswa kelas V Sudah cukup maximal meskipun ada sedikit siswa yang belum memenuhi indikator dikarenakan perbedaan kemampuandan kurang sinkronnya dengan pembiasaan disekolah . ada beberapa siswa yang kurang mengetahui tentang lagu nasional serta kurang serius dalam melakukan pembiasaan seperti menyanyikan lagu nasional sebelum pembelajaran. Akan tetapi sudah banyak sebagian besar siswa kelas V sudah memahami serta mengetahui tentang lagu nasional sehingga tumbuh karakter semangat kebangsan dengan baik. Kata kunci : pemahaman lagu nasional, karakter semangat kebangsaan, SDN 01 Pagelaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:43
Last Modified: 16 Jan 2023 06:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27031

Actions (login required)

View Item View Item