EFEKTIVITAS KOMPRES HANGAT SERAI DAN MUSIK GAMELAN TERHADAP INTENSITAS NYERI RHEUMATOID ARTHRITIS PADA LANSIA DI WILAYAH KER JA PUSKESMAS JAKENAN

ISTIADAH, IKA LILIS (2022) EFEKTIVITAS KOMPRES HANGAT SERAI DAN MUSIK GAMELAN TERHADAP INTENSITAS NYERI RHEUMATOID ARTHRITIS PADA LANSIA DI WILAYAH KER JA PUSKESMAS JAKENAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902000111_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902000111_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)

Abstract

Latar Belakang: Rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun yang dapat menyebabkan peradangan pada sendi dan dapat menyerang organ tubuh yang lain, dimana gejala yang sering dialami adalah nyeri sendi. Salah satu pengobatan non farmakologis rheumatoid arthritis adalah kompres hangat dan teknik relaksasi. Kompres hangat dapat dikombinasikan dengan tanaman herbal, diantaranya menggunakan rebusan serai. Untuk teknik relaksasi bisa menggunakan music. Musik yang digunakan di sini yaitu music gamelan karena sesuai dengan kultur masyarakat Jawa Tengah. Metode: Jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan desain penelitian Quasi Eksperiment dengan Pre-Post test non equivalen control group.. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dengan jumlah responden 32 orang di Wilayah Kerja Puskesmas Jakenan, teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data yang diperoleh secara statistik dengan menggunakan uji mann whitney, paired t-test dan independent t-test. Hasil: Hasil analisis dari dua kelompok dengan masing-masing 16 responden sebagian besar masing-masing kelompok berjenis kelamin perempuan dengan jumlah 11 rsponden (68,8%) pada kelompok 1, dengan jumlah 10 responden (62,5%) pada kelompok 2, dengan usia sebagian besar di kedua kelompok pada usia 60-74 dengan jumlah masing-masing kelompok ada 11 responden (68,8%). Hasil dalam Uji Mann-Whitney pada skala nyeri pre test 0,268 dan pada skala nyeri post test sebesar 0,005 < nilai probabilitas 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa "Ha diterima". Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan skala nyeri pre test-post test antara kelompok 1 & kelompok 2." Simpulan: "Ada perbedaan skala nyeri yang diberikan intervensi kompres hangat serai & musik gamelan." Kata Kunci: Rheumatoid Arthritis, Lansia, Kompres hangat, serai, gamelan Daftar Pustaka: 71 (2005-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:57
Last Modified: 16 Jan 2023 06:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27026

Actions (login required)

View Item View Item