Novitasari, Meisy (2022) HUBUNGAN ANTARA PROBLEM FOCUSED COPING DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENYUSUN SKRIPSI DI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN WALISONGO SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
30701800074_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara problem focused coping dan stress akademik pada mahasiswa yang menyusun skripsi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Sampel yang digunakan sebanyak 219 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian terdiri atas skala problem focused coping dan skala stres akademik. Skala problem focused coping terdiri dari 36 aitem, dengan koefisien reliabilitas alpha cronbach sebesar 0,905 dan skala stres akademik terdiri atas 21 aitem, dengan koefisien reliabilitas alpha cronbach sebesar 0,811. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment Pearson dengan hasil koefisian korelasi sebesar rxy = -0,299 dan taraf signifikansi p=0,000 (p<0,01). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara problem focused coping dengan stres akademik pada mahasiswa yang menyusun skripsi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, sehingga hipotesis diterima. Hasil tersebut menunjukan bahwa semakin tinggi problem focused coping pada mahasiswa yang menyusun skripsi maka semakin rendah stres akademik yang dirasakan dan sebaliknya, semakin rendah problem focused coping pada mahasiswa yang menyusun skripsi maka semakin tinggi stres akademik yang dirasakan. Kata kunci : Stress akademik, problem focused coping
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 04:15 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 04:15 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26990 |
Actions (login required)
View Item |