HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNISSULA DI MASA PANDEMI COVID 19

Prastikha, Yulia (2022) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNISSULA DI MASA PANDEMI COVID 19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800201_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800201_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

Latar Belakang : Pandemi Covid 19 memberikan dampak yang signifikan dalam keberlangsungan hidup manusia, salah satu dampaknya adalah proses pembelajaran. Proses pembelajaran berubah total dari luar jaringan (laring) menjadi dalam jaringan (daring) dan ini perlu adaptasi bagi seluruh mahasiswa yang sama sekali belum pernah mengenal metode pembelajaran daring, hal ini akan berdampak pada motivasi mahasiswa selama proses pembelajaran. Oleh karena itu dukungan keluarga sangat penting bagi mahasiswa selama proses pembelajaran anaknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menegetahui signifikansi hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar mahasiswa pada saat metode daring di masa pandemi covid-19 di Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula Semarang. Metode : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan melibatkan 184 responden. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan teknik total sampling dan desain spearman rank Hasil : hasil analisa univariate jenis kelamin terbanyak Perempuan 164 responden (89,1%). Hasil dari analisa bivariate dengan uji spearman rank didapatkan nilai signifikan p 0,005 (p < 0,05), menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan motivasi belajar r 0,263 menunjukkan bahwa tingkat kekuatan korelasi sangat lemah dengan arah korelasi positif , sehingga kedua variable tersebut bersifat searah. Simpulan : Terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan motivasi belajar mahasiswa fakultas ilmu keperawatan Unissula Semarang Kata kunci : Dukungan keluarga, Motivasi Belajar Daftar pustaka : 37 (2010 - 2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:27
Last Modified: 16 Jan 2023 04:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26989

Actions (login required)

View Item View Item