HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEAKTIFAN DISKUSI SELAMA SGD SAAT PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN DI UNISSULA

Fitriyah, Yayuk (2022) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEAKTIFAN DISKUSI SELAMA SGD SAAT PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN DI UNISSULA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800199_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800199_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)

Abstract

Latar belakang: Small group discussion (SGD) merupakan proses belajar dengan melakukan diskusi kelompok kecil yang bertujuan supaya pelajar mempunyai ketrampilan menyelesaikan masalah berkaitan dengan topik dan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam masa pandemi penggunaan metode yang di gunakan oleh perguruan tinggi saat perkuliahan kini di ubah menjadi pembelajaran jarak jauh. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara online. Keadaan ini dipastikan berdampak pada mutu proses belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan sgd yaitu motivasi belajar dan keaktifan mahasiswa dalam diskusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikan hubungan antara motivasi belajar dengan keaktifan diskusi selama sgd saat pembelajaran daring pada mahasiswa. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional dengan melibatkan 184 responden. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan teknik total populasi dan desain spearman rank. Hasil:Hasil analisa univariat jenis kelamin terbanyak perempuan (89,1%). Hasil dari analisa bivariat dengan uji spearmen rank didapatkan nilai signifikan p 0,000 (<0,05), menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara motivasi belajar dengan keaktifan diskusi selama sgd saat pembelajaran daring pada mahasiswa, dengan korelasi r 0,262 menunjukkan bahwa tingkat kekuatan korelasi cukup dan arahnya positif, sehingga kedua variabel tersebut bersifat searah. Simpulan: Terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan keaktifan diskusi selama sgd saat pembelajaran daring pada mahasiswa keperawatan di Unissula. Kata kunci: Motivasi Belajar, Keaktifan Diskusi, Pembelajaran Daring Daftar Pustaka : 61 ( 2010-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:41
Last Modified: 16 Jan 2023 02:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26985

Actions (login required)

View Item View Item