Salsabila, Inan Tuada (2022) DINAMIKA PSIKOLOGIS PEREMPUAN DEWASA AWAL YANG MENGALAMI QUARTER LIFE CRISIS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
30701800062_fullpdf.pdf Download (4MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika psikologis perempuan dewasa awal yang mengalami quarter life crisis serta faktor penyebab quarter life crisis. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain fenomenologi. Proses pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada empat subjek perempuan dewasa awal yang mengalami quarter life crisis. Validitas data dilakukan melalui triangulasi sumber, kecukupan referensi, dan uraian rinci. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara psikologis pengalaman-pengalaman yang terjadi dalam menjalani proses hidup yang ditunjang oleh faktor-faktor tertentu dan diaktualisasikan dalam perilaku dapat mengantarkan individu pada pencapaian proses krisis yang berbeda meliputi fase locked-out, locked-in, separate, time out, dan exploration. Faktor-faktor penyebab individu mengalami quarter life crisis dibedakan menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi motivasi yang rendah, proses kognitif, kesehatan mental, dan tekanan internal. Sedangkan faktor eksternal meliputi keluarga, tekanan dari lingkungan, dan status ekonomi. Setiap individu menghadapi proses krisis dengan beragam cara yaitu menerima krisis yang terjadi, berbenah diri, dan melakukan kegiatan positif. Kata Kunci : quarter life crisis, dewasa awal, dinamika psikologis, perempuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 02:40 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 02:40 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26981 |
Actions (login required)
View Item |