PERAN ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE DAN ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN SERTA KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris Perbankan Syariah yang terdaftar di OJK Tahun (2013-2015)

Bawono, Muhammad Setyo (2022) PERAN ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE DAN ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN SERTA KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris Perbankan Syariah yang terdaftar di OJK Tahun (2013-2015). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Magister Manajemen_20402100058_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402100058_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)

Abstract

Peran kepedulian perusahaan terhadap tanggung jawab sosial dan reputasi perusahaan di mata investor. Islamic Corporate Social Responsibility sebagai dasar etika dalam bisnis. Islam memberikan konsep hidup yang lengkap, mengarahkan setiap fase kehidupan manusia termasuk spiritualitas, bisnis dan keadilan dalam kehidupan sosial untuk meningkatkan kinerja keuangan. Tujuan penelitian ini antara lain menguji dan menganalisis secara empiris pengaruh Islamic corporate governance terhadap reputasi perusahaan perbankan Syariah, menguji dan menganalisis secara empiris pengaruh Islamic corporate social responsibility terhadap reputasi perusahaan perbankan Syariah, menguji dan menganalisis secara empiris pengaruh Islamic corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan syariah, menguji dan menganalisis secara empiris pengaruh Islamic corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan syariah dan menguji dan menganalisis secara empiris pengaruh reputasi perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan syariah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan syariah yang tercatat dalam Otoritas Jasa Keuangan selama periode 2013 – 2015. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling.Analisi Data menggunakan uji deskriptif variabel, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji R. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel ICG terhadap reputasi keuangan memperoleh hasil nilai thitung 1.974> 1.661 dengan signifikansi sebesar 0.052 maka Ho ditolak dan Ha diterima maka ICG secara parsial mempempunyai pemgaruh positif signifikan terhadap reputasi Perusahaan, Variabel ICSR terhadap reputasi perusahaan menunjukkan hasil analisis dengan pemerolehan hasil nilai thitung 10.807 >1.661 dengan signifikansi sebesar 0.000 maka Ho ditolak dan Ha diterima maka ICSR memiliki pengaruh positif terhadap reputasi perusahaan, hasil sobel test tersebut mendapatkan nilai z sebesar 1.9741, karena nilai z yang diperoleh sebesar 1.9741 > 1.661 dengan tingkat signifikansi 5% maka ICG memiliki pengaruh positif terhadap kinerja keuangan, hasil perhitungan sobel test nilai z sebesar 1.100, karena nilai z yang diperoleh sebesar 1.100 < 1.661 dengan tingkat signifikansi 5% maka ICSR tidak berpengaruh terhadap kinerja keunagan, dan Variabel reputasi perusahaan terhadap kinerja keuangan hasil nilai thitung 1.754 < 1.661 dengan signifikansi sebesar 0.083 maka Ho diterima dan Ha ditolak berarti reputasi perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan. Kata Kunci: ICG, ICSR, Reputasi Perusahaan dan Kinerja Keuangan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:57
Last Modified: 16 Jan 2023 02:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26969

Actions (login required)

View Item View Item