Prastika, Fara Okta (2022) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN STRESS AKADEMIK DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK DI UNIVERSITAS SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
30701800045_fullpdf.pdf Download (4MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stress akademik dalam penyusunan skripsi pada mahasiswa fakultas Teknik di Universitas Semarang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di fakultas Teknik Universitas Semarang yang berjumlah 242 terdiri dari Angkatan 2014-2019. Teknik pengambilan sampel pada riset ini menggunakan Teknik cluster random sampling . Penelitian ini menggunakan dua alat ukur, yaitu skala dukungan sosial teman sebaya yang menggunakan skala milik Wahyu (2019) berdasarkan aspek-aspek Sarafino & Smith (2014) terdiri dari 34 aitem dengan koefisien reabilitas 0,992 dan stress akademik yang menggunakan skala milik Rahmawati (2020) berdasarkan aspek-aspek Sun et al. (2013) terdiri dari 14 aitem dengan koefisien reabilitas 0,991. Hasil analisis korelasi pearson -0,931 dengan signifikan 0,000 (p < 0,01) menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stress akademik. Semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka akan semakin rendah Stress akademik yang dialami oleh mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di fakultas Teknik di Universitas Semarang dengan taraf korelasi yaitu sebesar -0,931 dengan signifikan 0,000 (p < 0,01). Kata Kunci : Dukungan sosial teman sebaya, stress akademik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 02:56 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 02:56 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26968 |
Actions (login required)
View Item |