PANGESTUTI, ANNISA NUR (2022) BISNIS MAKANAN RINGAN ‘AWAN SNACK’: BISNIS MENGETUK LANGIT. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Manajemen_30401800032_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
|
Text
Manajemen_30401800032_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Bisnis Makanan Ringan ‘Awan Snack’: Bisnis Mengetuk Langit Program MBKM wirausaha merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan minat kewirausahaan, serta meningkatkan hard skill dan soft skill dalam mengelola sebuah bisnis. Awan Snack merupakan bisnis dibidang kuliner yang menjual produk makanan ringan berupa stik tahu (makanan ringan yang terinovasi dari stik keju dan stik bawang) dan makaroni goreng. Harga produk makanan ringan tersebut dibandrol mulai dari Rp6.000 hingga Rp12.000. Bisnis tersebut berlokasi di Jalan Pucang Sari I, Mranggen, Demak. Didirikannya bisnis makanan ringan Awan Snack tidak hanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan dalam bentuk materi, namun juga mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Laporan kegiatan MBKM wirausaha ini disusun untuk menggambarkan ide kewirausahaan, menganalisa business model canvas, STP (Segmenting; targeting; positioning) dan kekuatan; kelemahan; peluang; tantangan (analisis SWOT), serta mengidentifikasi strategi pemasaran berupa matriks SWOT dan bauran pemasaran pada bisnis makanan ringan Awan Snack. Kegiatan pada bisnis tersebut terbagi menjadi tiga, yaitu kegiatan produksi, kegiatan pemasaran, dan kegiatan sosial. Awan Snack memasarkan produknya dengan menggunakan metode direct selling. Produk yang disediakan memiliki varian rasa dan kemasan yang beragam, sehingga memudahkan konsumen untuk memilih produk. Promosi yang digunakan untuk menarik minat dan perhatian konsumen supaya melakukan pembelian sudah bervariasi, baik secara online maupun offline. Hasil penjualan yang diperoleh Awan Snack dalam 4 kali open pre-order adalah sebesar Rp2.047.000. Kata Kunci: Kewirausahaan, Makanan Ringan, Business Model Canvas, STP (Segmenting, Targeting, Positioning), Analisis SWOT, Matriks SWOT, Bauran Pemasaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 04:21 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 04:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26939 |
Actions (login required)
View Item |