HUBUNGAN KETERBUKAAN DIRI DI MEDIA SOSIAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA MAHASISWA

Fauzi, Ahmad (2022) HUBUNGAN KETERBUKAAN DIRI DI MEDIA SOSIAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA MAHASISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30701800005_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterbukaan diri di media sosial terhadap interaksi sosial pada mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Universitas PGRI Semarang dengan keriteria populasi yang akan digunakan adalah mahasiswa/i angkatan 2018-2021 yang aktif dalam menggunakan media sosial dengan 142 responden sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala interaksi sosial dengan koefisien reliabilitas 0,979 dan skala keterbukaan diri di media sosial dengan koefisien reliabilitas pada masing-masing aspek yaitu, 1) aspek kertebukaan yang disengaja sebesar 0,76; 2) jumlah keterbukaan diri sebesar 0,61; 3) jumlah positif negatif sebesar 0,64; 4) kendali kedalaman atau imitasi keterbukaan sebesar 0,62; 5) kejujuran-keakuratan keterbukaan sebesar 0,74. Teknik analisis data menggunakan rank spearman. Hasil uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji korelasi rank spearman memperoleh koefisien korelasi sebesar rs = 0,676 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa interaksi sosial memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap keterbukaan diri di media sosial, yang mana semakin tinggi keterbukaan diri di media sosial, maka semakin tinggi pula interaksi sosial mahasiswa, yang artinya bahwa hipotesis ditolak. Kata kunci: Interaksi sosial, keterbukaan diri di media sosial, mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:29
Last Modified: 13 Jan 2023 07:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26922

Actions (login required)

View Item View Item