PENGARUH PRODUCT INNOVATION DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP FIRM PERFORMANCE DENGAN COMPETITIVE ADVANTAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada UMKM Makanan di Kota Semarang)

Saputro, Afif Dwi (2022) PENGARUH PRODUCT INNOVATION DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP FIRM PERFORMANCE DENGAN COMPETITIVE ADVANTAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada UMKM Makanan di Kota Semarang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Manajemen_30401800008_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
Manajemen_30401800008_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi produk dan pemsaran digital terhadap kinerja perusahaan dengan keunggulan kompetitif sebagai variabel intervening. Populasi yang digunaka dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan pelaku UMKM makanan di kota Semarang yang jumlahnya tidak diketahui. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada para UMKM yang menggunakan shoope food, go food, grab food, instagram, facebook dll di kota Semarang, sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal-jurnal penelitian, artikel-artikel, majalah, buku ilmiah, serta web organisasi tersebut yang ada hubungannya dengan penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria-kriteria pelaku UMKM yang menggunakan sistem pemasaran online dengan minimal penggunaan 1 tahun. Teknik analisis data menggunakan metode penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel inovasi produk memiliki pengaruh terhadap kinerja perusahaan, pemasaran digital memiliki pengaruh terhadap kinerja perusahaan. Variabel keunggulan kompetitif dapat memediasi antara Kepemilikan inovasi produk dan pemasaran digital terhadap kinerja perusahaan. Kata Kunci : Inovasi Produk, Pemasaran Digital, Keunggulan Kompetitif, dan Kinerja Perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:13
Last Modified: 16 Jan 2023 02:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26893

Actions (login required)

View Item View Item