PENGARUH PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG KANKER SERVIKS TERHADAP MOTIVASI DETEKSI DINI KANKER SERVIKS PADA WANITA USIA SUBUR (WUS) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KANGKUNG II KABUPATEN KENDAL

Nadia, Syifa Hasna (2022) PENGARUH PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG KANKER SERVIKS TERHADAP MOTIVASI DETEKSI DINI KANKER SERVIKS PADA WANITA USIA SUBUR (WUS) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KANGKUNG II KABUPATEN KENDAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800178_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800178_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)

Abstract

Latar Belakang: Kanker serviks merupakan penyebab kematian tertinggi pada wanita di dunia.Rendahnya pemahaman atau pengetahuan tentang kanker serviks menyebabkan rendahnya motivasi wanita untuk melakukan pencegahan kanker serviks. Untuk meningkatkan motivasi wanita dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan kesehatan. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan kesehatan tentang kanker serviks terhadap motivasi deteksi dini kanker serviks pada wanita usia subur (WUS) di wilayah kerja puskesmas Kangkung II Kabupaten Kendal Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen. Pengumpulan data yang dilakukan penelitian ini menggunakan kuesioner pada 55 responden dengan teknik purposive sampling. Uji statistik tersebut menggunakan uji wilcoxon signed rank test. Hasil: Dari hasil analisa kepada 55 responden penelitian, sebagian besar memiliki karakteristik umur 36-40 tahun (70,9%),lama menikah terbanyak responden yaitu 15-19 tahun (54,5%),paritas terbanyak responden yaitu multipara (94,5%),dan pekerjaan terbanyak yaitu ibu rumah tangga (63,6%). Simpulan: Ada pengaruh pemberian pendidikan kesehatan tentang kanker serviks terhadap motivasi deteksi dini kanker serviks pada wanita usia subur (WUS) di wilayah kerja puskesmas Kangkung II Kabupaten Kendal dengan p value 0,000 Kata kunci: Pendidikan kesehatan,kanker serviks,motivasi Daftar Pustaka: 31 (2015 – 2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:21
Last Modified: 16 Jan 2023 02:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26884

Actions (login required)

View Item View Item