GAMBARAN FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBUTUHAN SPIRITUAL CARE PADA PASIEN HEMODIALISA DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

Rohmatun, Siti (2022) GAMBARAN FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBUTUHAN SPIRITUAL CARE PADA PASIEN HEMODIALISA DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800171_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800171_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)

Abstract

Latar Belakang: Pasien penyakit ginjal terminal, banyak ditemukan pasien yang merasakan hidupnya tidak berarti, mengungkapkan pertanyaan mengapa dia yang menderita penyakit gagal ginjal dan mengapa harus menjalani terapi hemodialisa, mengatakan bahwa penyakit yang dideritanya merupakan hukuman dari tuhan dan tidak jarang yang kehilangan kepercayaan terhadap Tuhan, sehingga menimbulkan ketakutan, kecemasan dan kesedihan yang menyeluruh Metode: Jenis penelitian deskriptif observasional. Populasi pada penelitian ini yaitu pasien hemodialisa rawat jalan di RSI Sultan Agung Semarang pada bulan Desember 2021 sebanyak 71 pasien.Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisia data menggunakan uji chi square. Hasil: Kebutuhan spiritual care pada pasien hemodialisa di RSI Sultan Agung Semarang berdasarkan dukungan keluarga, responden yang dukungan keluarganya kurang sebagian besar kebutuhan spiritualnya tinggi sebanyak 7 responden (70,0%), berdasarkan agama, responden semua beragama islam dan sebagian besar kebutuhan spiritualnya tinggi sebanyak 48 responden (78,7%) dan berdasarkan ras atau suku, responden semua responden merupakan suku jawa dan sebagian besar kebutuhan spiritualnya tinggi sebanyak 48 responden (78,7%). Simpulan: Kebutuhan spiritual care pada pasien hemodialisa di RSI Sultan Agung Semarang sebagian besar tinggi sebanyak 48 responden (78,7%). Kata Kunci : Kebutuhan spiritual care, pasien hemodialisa Daftar Pustaka :

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:11
Last Modified: 16 Jan 2023 06:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26860

Actions (login required)

View Item View Item