HUBUNGAN ANTARA ADAPTASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BARU DALAM MENGIKUTI PERKULIAHAN ONLINE DI SEMARANG

Mamdukah, Siti (2022) HUBUNGAN ANTARA ADAPTASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BARU DALAM MENGIKUTI PERKULIAHAN ONLINE DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800167_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800167_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)

Abstract

Latar Belakang: Adaptasi diri merupakan suatu proses dinamis yang memiliki tujuan mengubah sikap individu agar terjalin hubungan yang sesuai antara individu dan lingkungan, ketika masa awal perkuliahan, mahasiswa baru menghadapi perubahan dalam berbagai macam bidang kehidupan, dimana mahasiswa baru rentan mengalami stres yang berhubungan dengan kesehatan jiwa. Memberi motivasi untuk mahasiswa baru sama dengan menggerakkan mahasiswa baru melakukan sesuatu atau melakukan kegiatan belajar yang akan menjadi kebiasaan untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keeratan hubungan antara adaptasi diri dengan motivasi belajar mahasiswa baru dalam mengikuti perkuliahan online. Metode: Penelitian ini menggunakan metode desain deskriptif korelasi Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner, jumlah responden 192 responden dengan teknik pengambilan sampel dengan consecutive sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji Spearmen Rank Hasil: Jumlah responden terbanyak dari S1 Keperawatan yaitu 115 responden (59,9%). Jenis kelamin perempuan adalah yang paling banyak yaitu 166 responden (86,5%). Adaptasi diri yang paling tinggi adalah adaptasi tingkat sedang yaitu sebanyak 140 responden (72,9%). Motivasi belajar yang paling tinggi adalah motivasi belajar tingkat sedang yaitu 134 responden (69,8%). Hasil uji Spearman Rank didapatkan hasil p value 0,000 dan nilai r 0,428 Simpulan: Hasil uji statistic Spearman Rank didapatkan nilai probabilitas atau nilai p = 0,000 lebih kecil dari α 0,05. Nilai korelasi spearman sebesar 0,428 menunjukkan bahwa arah korelasi positif dengan kekuatan sedang, sehingga kedua variabel tersebut searah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan keeratan antara adaptasi diri dengan motivasi belajar. Kata kunci : Adaptasi Diri, Motivasi Belajar. Daftar Pustaka : 36 (2013-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jan 2023 06:51
Last Modified: 13 Jan 2023 06:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26839

Actions (login required)

View Item View Item