PENGARUH STRES KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN DUKUNGAN SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada Anggota Kepolisian di Polrestabes Kota Semarang)

PANGESTU, NOVITASARI PUJI (2022) PENGARUH STRES KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN DUKUNGAN SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada Anggota Kepolisian di Polrestabes Kota Semarang). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Magister Manajemen_20402000056_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402000056_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)

Abstract

Kinerja SDM dapat ditentukan oleh beberapa faktor, baik internal maupun eksternal. Stres organisasi merupakan faktor internal karyawan yang dapat mempengaruhi kinerja. Stres adalah sebuah konsep yang memiliki efek pada individu dan mempengaruhi perilaku mereka, efisiensi kerja dan hubungan dengan orang lain. Kinerja karyawan secara keseluruhan telah terpengaruh sejak karyawan dipengaruhi oleh stres dalam organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh stres kerja terhadap kinerja sumber daya manusia, pengaruh beban kerja terhadap kinerja sumber daya manusia, peran dukungan sosial dalam me moderasi pengaruh stres kerja terhadap kinerja sumber daya manusia, dan peran dukungan sosial dalam me moderasi pengaruh beban kerja pada kinerja sumber daya. Kekuatan manusia. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil penyebaran kuesioner yang berisi daftar pernyataan kepada petugas kepolisian di setiap Polsek di wilayah Polrestabes Kota Semarang yang berjumlah 2.090 orang yang menjadi sasaran responden. Analisis kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan metode analisis SPSS dengan jumlah sampel yang sedikit. Analisis SPSS dalam penelitian ini menggunakan program SPSS. Tahapan dalam analisis SPSS adalah evaluasi model pengukuran (outer model), evaluasi model struktural (inner model), analisis jalur, uji mediasi (specific indirect effect) dan perbandingan multigroup (Hussein, 2015). Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa diperoleh variabel stres kerja individu berpengaruh negatif terhadap kinerja sumber daya manusia, variabel beban kerja individu berpengaruh negatif terhadap kinerja sumber daya manusia, variabel dukungan sosial berpengaruh negatif terhadap kinerja sumber daya manusia, variabel beban kerja individu berpengaruh negatif terhadap kinerja sumber daya manusia, variabel dukungan sosial berpengaruh negatif terhadap kinerja sumber daya manusia. Stres pada kinerja sumber daya manusia, variabel dukungan sosial positif dan me moderasi pengaruh beban kerja terhadap kinerja sumber daya manusia. Untuk pengembangan penelitian selanjutnya dapat ditambahkan indikator dan faktor baru untuk mendapatkan hasil yang lebih presisi dan model yang baik. Kata Kunci: Stres Kerja, Beban Kerja, Kinerja Sumber Daya Manusia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jan 2023 06:49
Last Modified: 13 Jan 2023 06:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26835

Actions (login required)

View Item View Item