Suwanda, Siti Arum (2022) GAMBARAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN REMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Ilmu Keperawatan_30901800165_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ilmu Keperawatan_30901800165_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
Abstract
Latar belakang : Bullying adalah tindakan yang disalahgunakan kekuasaan yang bersifat sitematis dan berulang, berupa tindakan yang kurang menyenangkan dari beberapa waktu yang menimpa pada anak sekolah hingga usia dewasa. Persepsi merupakan aktivitas mengenali, mengamati, dan membedakan dengan menggunakan indera sehingga seseorang menyadari suatu objek, hubungan, dan peristiwa. Aktivitas tersebut membuat individu mampu mengatur dan mengintepretasi stimulus-stimulus yang diterima menjadi suatu pengetahuan yang bermakna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran persepsi siswa terhadap perilaku bullying pada anak sekolah dasar. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 115 siswa dengan teknik total sampling. Data yang diperolehdiolah secara statistika dengan menggunakan uji univariat. Hasil : Berdasarkan hasil dari analisa diperoleh bahwa dari 115 responden penelitian, sebagian besar memiliki persepsi kurang yaitu sebanyak 109 siswa/siswi dengan presentase (94.8%) dan yang memiliki persepsi baik yaitu sebanyak 6 siswa/siswi dengan presentase (5.2%). Simpulan : Dari hasil penelitian yang berdasarkan kategori persepsi baik dan persepsi kurang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa/siswi memiliki persepsi kurang. Kata kunci : Persepsi, perilaku bullying,siswa SD Daftar pustaka : 32 (2005-2020)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 07:09 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:09 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26831 |
Actions (login required)
View Item |