GAMBARAN PENGETAHUAN DAN PERAN PERAWAT DALAM PERAWATAN PALIATIF PADA PASIEN KONDISI TERMINAL DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Qodtamalla, Saidah (2022) GAMBARAN PENGETAHUAN DAN PERAN PERAWAT DALAM PERAWATAN PALIATIF PADA PASIEN KONDISI TERMINAL DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800155_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800155_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)

Abstract

Latar Belakang: Keberhasilan perawatan paliatif sangat didukung oleh pengetahuan dan peran seorang perawat. Pengetahuan dan peran perawat yang baik dan tepat tentang perawatan paliatif diperlukan untuk pasien dalam kondisi terminal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan peran perawat pada perawatan paliatif pada pasien kondisi terminal Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan observasional. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum perawat yang memiliki pengetahuan yang baik sebanyak 90 orang dengan presentase 97,8%, perawat yang memiliki pengetahuan yang cukup sebanyak 1 orang dengan presentase 1,1%, dan perawat yang memiliki pengetahuan kurang sebanyak 1 orang dengan presentase 1,1%, total responden adalah 92 orang. Simpulan: Hasil penelitian ini didapatkan ada 90 responden yang memiliki pengetahuan yang baik akan tetapi ada hanya ada 76 responden yang memiliki peran yang baik, dengan begitu ada 14 responden yang memiliki pengetahuan baik tetapi memiliki peran yang cukup. Kata kunci : Pengetahuan Perawat, Peran Perawat, Perawatan Paliatif Daftar Pustaka : 40 (2012-2020)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:51
Last Modified: 13 Jan 2023 02:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26800

Actions (login required)

View Item View Item