PERAN UPCYCLED PRODUCT ATTITUDE DALAM HUBUNGAN ENVIRONMENTAL AWARENESS DAN ECONOMIC VALUE DENGAN PURCHASE INTENTION DI KABUPATEN DEMAK

Martoyo, Havik (2022) PERAN UPCYCLED PRODUCT ATTITUDE DALAM HUBUNGAN ENVIRONMENTAL AWARENESS DAN ECONOMIC VALUE DENGAN PURCHASE INTENTION DI KABUPATEN DEMAK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Magister Manajemen_20402000039_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402000039_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)

Abstract

Usaha produksi barang-barang kerajinan dari bahan baku sampah (upcycled product) yang dilakukan UMKM pada umumnya berdiri karena faktor keterampilan pengusahanya, melimpahnya sampah sebagai bahan baku, dorongan dan himbauan untuk mengurai permasalahan sampah dengan cara mengolah sampah menjadi barang-barang yang bisa memiliki fungsi baru. Persoalan muncul ketika barang-barang yang sudah dibuat tidak laku terjual yang disebabkan oleh belum terbentuknya niat membeli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh environmental awareness dan economic value terhadap purchase interntion dengan upcycled product attitude sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan pada 146 responden konsumen di Kabupaten Demak Jawa Tengah dengan kriteria tertentu yaitu berjenis kelamin perempuan dan berusia 17 tahun ke atas. Data primer diperoleh langsung dari sumber utama dengan mengisi kuesioner dalam bentuk online (google form) dan secara offline (lembar print out) dengan mengunjungi lokasi forum-forum dan komunitas kaum perempuan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan environmetal awareness dan economic value terhadap purchase intention. Namun demikian setelah dimediasi oleh variabel upcycled product attitude maka pengaruhnya menjadi lebih kuat dan lebih signifikan terhadap purchase intention. Agar Upcycled Product Attitude semakin tumbuh maka UMKM produsen upcycled product perlu melakukan edukasi tentang kesadaran lingkungan kepada konsumen dan meningkatkan efisiensi serta meningkatkan kualitas produk dan pelayanan. Kata Kunci : Environmental Awareness, Economic Value, Upcycled Product Attitude dan Purchase Intntion.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:50
Last Modified: 13 Jan 2023 02:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26799

Actions (login required)

View Item View Item