PERAN GAYA KEPEMIMPINAN ISLAM DAN KOMITMEN AFEKTIF TERHADAP KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA PADA PT. ASURANSI JIWA INHEALTH INDONESIA DI SEMARANG

Maritasari, Atik (2022) PERAN GAYA KEPEMIMPINAN ISLAM DAN KOMITMEN AFEKTIF TERHADAP KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA PADA PT. ASURANSI JIWA INHEALTH INDONESIA DI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Magister Manajemen_20402000036_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402000036_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh Gaya Kepemimpinan Islami terhadap kinerja sumber daya manusia, Gaya Kepemimpinan Islami terhadap komitmen afektif, dan Komitmen Afektif terhadap kinerja sumber daya manusia. Metode penelitian menggunakan metode analisis deskriptif statistik, dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya Kepemimpinan Islami yang meningkat, mampu meningkatkan kinerja SDM yang didukung dengan data empiris. Begitu pula dengan Gaya Kepemimpinan Islami dan pengaruhnya terhadap peningkatan Komitmen Afektif yang didukung dengan data empiris, serta Komitmen Afektif yang mampu meningkatkan kinerja SDM yang didukung dengan data empiris. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan antara variabel-variabel yang mempengaruhi kinerja sumber daya manusia terdiri dari 2 variabel yang diajukan dan didukung secara empirik, yakni: Gaya Kepemimpinan Islami dan Komitmen Afektif. Implikasi manajerial berkaitan dengan gaya kepemimpinan islami, pimpinan dinilai perlu mengembangkan sebuah sikap untuk menarik perhatian karyawan yang selama ini dirasa lemah oleh karyawan. Berkaitan dengan komitmen afektif, indikator sistematis untuk meningkatkan kinerja pegawai melalui persepsi dukungan organisasi, memperhatikan pada keluhan pegawai, kebanggaan organisasi, dan kepedulian organisasi, dan meningkatkan penghargaan atas usaha ekstra pegawai. Berkaitan dengan kinerja sumber daya manusia adalah dibutuhkan penghargaan dan hubungan dengan manajemen yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:00
Last Modified: 13 Jan 2023 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26791

Actions (login required)

View Item View Item