Andriani, Rizki Agustiyan (2022) EFEKTIVITAS VIDEO EDUKASI TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF BALITA STUNTING. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Ilmu Keperawatan_30901800151_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Ilmu Keperawatan_30901800151_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
Abstract
Latar Belakang: Stunting merupakan konflik gizi yang dialami balita didunia. Pendapat dari Kemenkes RI (2016) mengungkapkan bahwa stunting memperlihatkan persoalan gizi kronik dengan balita yang memiliki tinggi badan kurang menurut umur. Pada perkembangan kognitif stunting bisa menimbulkan efek kemampuan kognitif yang lambat atau kekuatan kognitif yang lebih rendah dan nilai yang dicapai pada saat sekolah menjadi lebih rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas video edukasi terhadap perkembangan kognitif pada balita stunting usia 48 bulan dan 60 bulan. Metode: Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif quasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Jumlah responden sebanyak 30 balita dengan teknik total sampling. Hasil: Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 30 responden penelitian, didapatkan hasil bahwa responden terbanyak berusia 60 bulan sebesar 60% pada kelompok kontrol, sedangkan pada kelompok intervensi responden terbanyak berusia 48 bulan sebesar 53,3%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perkembangan kognitif sebelum dan sesudah diberikan pretest posttest pada kelompok intervensi maupun kontrol sebesar 88,9% kategori mulai berkembang, 100,0% berkembang sangat baik, Simpulan: Ada efektivitas perkembangan kognitif pretest posttest pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol Kata kunci: Stunting, Perkembangan Kognitif, Video edukasi Daftar Pustaka: 29 (2017-2021)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 07:06 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:06 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26785 |
Actions (login required)
View Item |