HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN PSIKOLOGI MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNISSULA SEMARANG

Wulandari, Risma (2021) HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN PSIKOLOGI MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNISSULA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800150_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800150_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)

Abstract

Latar Belakang: Pembelajaran Daring kini dapat kita kenal dari suatu kalangan akademik dan masyarakat dengan sebuah istilah atau pengertian sebagai pembelajaran secara online ( online learning ). Pembelajaran daring dalam kondisi seperti ini sangat berdampak buruk terhadap psikologis mahasiswa, khususnya diri kita sendiri. Kita sebagai mahasiswa sempat merasakan stres ringan saat pemebelajaran berlangsung, namun lambat laun kita mulai terbiasa dan mencoba untuk beradaptasi. Tujuan: Untuk mengetahui adanya hubungan pembelajaran daring dengan psikologi mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Metode: Jenis penelitian Kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa semester 7 angkatan 2018 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Teknik yang digunakan adalah Total Populasi sebanyak 184 responden. Uji korelasi yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Spearmen rank corelation. Hasil:Rata-rata Pembelajaran Daring pada mahasiswa semester 7 di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang adalah sebesar 71,2% dalam kategori tidak efektif. Sedangkan Kondisi Psikologi mahasiswa semester 7 di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang adalah 79,9% dalam kategori Sedang. Simpulan :Ada hubungan antara Pembelajaran Daring dengan Psikologi Mahasiswa di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung dengan p-value 0,05 yang menunjukkan bahwa pembelajaran daring dengan psikologi mahasiswa memiliki hubungan yang bermakna. Didapatkan hasil correlation dengan nilai 0,081 maka menunjukkan adanya keeratan korelasi sangat lemah dengan arah korelasi negatif. Semakin tidak efektifnya pembelajaran daring maka akan berdampak pada kondisi psikologi mahasiswa. Kata Kunci:Pembelajaran Daring, Psikologi mahasiswa, Pandemi covid-19. DaftarPustaka:28(2008-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:04
Last Modified: 13 Jan 2023 07:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26782

Actions (login required)

View Item View Item