PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI ISLAMI TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANAK USIA SEKOLAH

Ramadini, Putri Aura (2021) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI ISLAMI TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANAK USIA SEKOLAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800139_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800139_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Latar Belakang: Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan upaya yang harus ditempuh untuk mencapai derajat kesehatan yang terbaik bagi setiap orang. Perilaku hidup bersih dan sehat perlu ditanamkan sejak dini. Penggunaan pendidikan kesehatan media vide animasi sangat bermanfaat untuk perkembangan belajar anak sekolah dengan gambar dan suara yang bergerak dapat menarik perhatian anak sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendidikan kesehatan media video animasi islami dengan perilaku hidup bersih dan sehat anak sekolah SDIT Permata Bunda Mranggen. Metode: Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan komparatif dengan metode pre eksperiment one group pre-post test. Populasi dalam penelitian yaitu siswa-siswi SDIT Permata Bunda kelas II dan III berjumlah 62 responden. Sampel yang digunakan sebanyak 62 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Pengambilan data menggunakan lembar observasi dan Analisa data menggunakan uji friedman + post hoc Wilcoxon Hasil: Analisa data uji friedman nilai ρ 0,000 yang berarti ada pengaruh pendidikan kesehatan media video animasi dengan perilaku hidup bersih dan sehat anak sekolah. Dilanjut dengan uji post hoc Wilcoxon nilai antara pre test dan post test 1,2 dan 3 ρ 0,000 yang berarti ada pengaruh sebelum dan setelah intervensi. Sedangkan nilai antara post test 1 dengan post test 2 dan 3 nilai ρ 1,000 yang berarti tidak ada perubahan perilaku artinya perilaku menetap. Simpulan: penelitian ini ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video animasi terhadap perilaku hidup bersih dan sehat anak usia sekolah di SDIT Permata Bunda Mranggen Kata Kunci: Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), pendidikan kesehatan media video animasi, anak sekolah Daftar Pustaka: 54 (2012-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:46
Last Modified: 12 Jan 2023 06:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26759

Actions (login required)

View Item View Item