MANUSIA BERBASIS KETERIKATAN KERJA, KUALITAS INTERAKSI PIMPINAN DENGAN BAWAHAN DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI

Widyasari, Septiningtyas Pramesthi (2022) MANUSIA BERBASIS KETERIKATAN KERJA, KUALITAS INTERAKSI PIMPINAN DENGAN BAWAHAN DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Magister Manajemen_20402000032_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402000032_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kualitas interaksi pimpinan dengan bawahan, persepsi dukungan organisasi dan keterikatan kerja terhadap kinerja sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan skala pengukuran Likert 1-5. Variabel independen terdiri dari Leader-Member Exchange (LMX) dan Perceived Organizational Support (POS) dengan Keterikatan Kerja sebagai variabel intervening dan Kinerja Sumber Daya Manusia sebagai variabel dependen. Populasi adalah karyawan tetap PT. ScanCom Indonesia, sebuah perusahaan manufaktur furniture di Semarang. Metode sampling yang digunakan adalah sampling jenuh dengan menggunakan semua populasi sebagai sampel yaitu sebanyak 100 orang. Instrumen penelitian berupa kuesioner didistribusikan dengan google form. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Pengujian hipotesis dilakukan untuk menguji pengaruh antar variabel dengan rincian sebagai berikut: 1) Bila sumber daya manusia semakin terikat dengan pekerjaan, maka kinerja sumber daya manusia semakin tinggi, 2) Bila interaksi pimpinan dengan bawahan semakin berkualitas, maka kinerja sumber daya manusia semakin tinggi, 3) Bila interaksi pimpinan dengan bawahan semakin berkualitas, maka keterikatan sumber daya manusia dengan pekerjaannya semakin tinggi, 4) Bila dukungan organisasi yang dirasakan semakin baik, maka keterikatan sumber daya manusia dengan pekerjaannya semakin tinggi, dan 5) Bila dukungan organisasi yang dirasakan semakin baik, maka kinerja sumber daya manusia semakin tinggi. Mengacu pada hasil uji hipotesis maka diperoleh simpulan bahwa Leader-Member Exchange (LMX) dan Perceived Organizational Support (POS) berpengaruh signifikan terhadap Keterikatan Kerja dan Leader-Member Exchange (LMX), Perceived Organizational Support (POS) dan Keterikatan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia. Keterikatan Kerja juga memediasi hubungan antara LMX dan POS terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusia dapat dilakukan dengan meningkatkan keterikatan kerja, menjaga kualitas interaksi antara pimpinan dengan bawahan dan meningkatkan dukungan organisasi kepada karyawan. Kata kunci: Leader-Member Exchange (LMX), Perceived Organizational Support (POS), keterikatan kerja, kinerja sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:43
Last Modified: 12 Jan 2023 06:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26751

Actions (login required)

View Item View Item