PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS KETERIKATAN KERJA, KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PEMBERDAYAAN STRUKTURAL

NAJMAH, NAJMAH (2022) PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS KETERIKATAN KERJA, KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PEMBERDAYAAN STRUKTURAL. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Magister Manajemen_20402000031_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402000031_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)

Abstract

Strategi untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusia penting bagi setiap organisasi untuk memastikan keberlanjutannya dalam dunia persaingan global. Organisasi perlu mengenali faktor-faktor kunci yang memainkan peran mendasar dalam meningkatkan kinerja sehingga upaya yang efektif dan tepat sasaran. Kepemimpinan transformasional dan pemberdayaan struktural merupakan dua faktor yang memiliki peran penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional dan pemberdayaan struktural terhadap kinerja sumber daya manusia melalui work engagement. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian operasional pada sebuah perusahaan manufaktur furniture di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Departemen operasi dipilih sebagai objek penelitian, mengingat operasi merupakan departemen inti dari suatu perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive random sampling dengan jumlah responden minimal 95 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden. Partial Least Square (PLS) digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterikatan kerja, kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja sumber daya manusia, pemberdayaan struktural berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterikatan kerja, pemberdayaan struktural berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja sumber daya manusia dan keterikatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja sumber daya manusia. Keterikatan kerja juga ditemukan memediasi pengaruh kepemimpinan transformasional dan pemberdayaan struktural terhadap kinerja sumber daya manusia. Kata kunci: Kinerja Sumber Daya Manusia, Kepemimpinan Transformasional, Pemberdayaan Struktural, Keterikatan Kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:39
Last Modified: 12 Jan 2023 06:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26747

Actions (login required)

View Item View Item