HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN DIET PASIEN LANSIA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CEPIRING KABUPATEN KENDAL

Oktaviani, Nurul Hikmah (2022) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN DIET PASIEN LANSIA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CEPIRING KABUPATEN KENDAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800134_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800134_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)

Abstract

Kejadian Hipertensi semakin meningkat seiring dengan kurang patuhnya penderita dalam mengjalankan pengobatannya salah satunya diet hipertensi. Perubahan gaya hidup masyarakat membuat masyarakat kurang mengkonsumsi serat dan lebih memilih makanan banyak mengadung penyedap dan garam yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kpeatuhan Diet Lansia Hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Cepiring Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif Menggunakan pendekatan studi korelasi. Pengumpulan data menggunakan kuessioner. Dengan jumlah responden sebanyak 100 orang menggunakan teknik total sampling. Data yang diperoleh diolah scara statistik dengan menggunakan uji rank spearman Hasil penelitian sebagian responden mendapatkan hubungan keluarga baik sejumalah 54 orang (54%) dan hampir setangahnya patuh dengan kepatuhan diet sebanyak 54 orang (54%). Hasil uji rank spearman menunjukkan bahwa nilai signifikasi ρ = 0,000< α (0,05)., sehingga H0 ditolak. Penelitian ini bisa disimpulkan bahwa ada hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet lansia hipertensi di wilayah kerja Pusekasmas Cepiring Kabupaten Kendal. Kata Kunci: Dukungan keluarga, kepatuhan Diet Hipertensi Daftar Pustaka: 38 (2013-2020)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:28
Last Modified: 12 Jan 2023 06:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26736

Actions (login required)

View Item View Item