PENGARUH PENERAPAN SUNNAH TIDUR RASULULLAH SAW DAN AROMATERAPI LAVENDER TERHADAP KUALITAS TIDUR PADA PASIEN KANKER YANG MENJALANI KEMOTERAPI

Hidayat, Muhamad Irza (2022) PENGARUH PENERAPAN SUNNAH TIDUR RASULULLAH SAW DAN AROMATERAPI LAVENDER TERHADAP KUALITAS TIDUR PADA PASIEN KANKER YANG MENJALANI KEMOTERAPI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800117_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800117_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)

Abstract

Latar Belakang : Kemoterapi termasuk pengobatan kanker untuk membunuh sel kanker yang mempunyai efek samping pada gangguan tidur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan sunnah tidur Rasulullah SAW dan aromaterapi lavender terhadap kualitas tidur pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi. Metode : Jenis penelitian ini pre eksperimen dengan desain pretest-postest without control group menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 18. Pengumpulan data menggunakan kuesioner PSQI. Data diambil sebelum dan sesudah diberikan intervensi kemudian diolah secara statistik menggunakan uji paired t test. Hasil : Hasil penelitian menurut karakteristik adalah responden mayoritas berjenis kelamin perempuan sejumlah 72,2 %, responden terbanyak pada rentang usia 46– 59 tahun sejumlah 44,7 %, responden pada tingkat pendidikan terbanyak pada tingkat SD sejumlah 38,9 %, responden dengan pekerjaan terbanyak pada tidak bekerja sejumlah 72,2 %, responden dengan diagnosis medis terbanyak menderita kanker payudara sejumlah 38,9 %, dan berdasarkan frekuensi kemoterapi yang telah dilakukan responden yaitu pada rentang 5–7 kali sejumlah 66,7 %. Hasil penelitian kualitas tidur responden sebelum dan sesudah diberikan intervensi didapatkan skor rata-rata 10,0 dan 6,5. Kesimpulan : Ada pengaruh penerapan sunnah tidur Rasulullah SAW dan aromaterapi lavender terhadap kualitas tidur pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi dengan p value 0,001. Kata Kunci : Kualitas Tidur, Kemoterapi, Sunnah Tidur Rasulullah dan Aromaterapi Lavender Daftar Pustaka : 67 (2009 – 2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:50
Last Modified: 12 Jan 2023 06:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26706

Actions (login required)

View Item View Item