PENGARUH TERAPI MUROTTAL AL QUR’AN TERHADAP TINGKAT DEPRESI PADA ORANG DENGAN HIV/AIDS DI BALAI KESEHATAN MASYARAKAT WILAYAH SEMARANG

Ulum, Mochammad Saiqul (2021) PENGARUH TERAPI MUROTTAL AL QUR’AN TERHADAP TINGKAT DEPRESI PADA ORANG DENGAN HIV/AIDS DI BALAI KESEHATAN MASYARAKAT WILAYAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800116_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800116_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Latar Belakang: Pasien HIV/AIDS akan mengalami kondisi psikis yang berat ketika individu tersebut menerima vonis terkena HIV/AIDS. Rasa malu, takut adanya penolakan dan stigma bahwa penyakit HIV berasal dari perilaku yang buruk, membuat individu yang terkena penyakit tersebut merasa terasing dan menimbulkan dampak psikologis. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi tingkat depresi ODHA sebelum dan setelah diberikan murottal Al-Qur’an Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif quasi eksperimental dengan pre-post test without control. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 17 orang dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan rumus statistik uji Paired Test dengan syarat jika datanya berdistribusi normal. Namun jika data tidak berdistribusi normal maka menggunakan uji Wilcoxon yang merupakan uji nonparametrik test. Hasil: Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 17 responden penelitian, sebagian besar karakteristik berjenis kelamin laki-laki sebesar 52,9%, usia sebagian besar diantara 36-45 tahun sebesar 41,2%, tingkat pendidikan terbanyak SMA. Hasil penelitian juga menunjukkan tingkat depresi sebelum terapi 58,8% responden depresi ringan dan 41,2% responden depresi sedang. Sedangkan tingkat depresi setelah terapi 52,9% responden tidak depresi dan 47,1% depresi ringan. Simpulan: Ada pengaruh yang signifikan antara terapi murottal Al-Qur’an terhadap tingkat depresi pada orang dengan HIV/AIDS (p value > 0,05). Kata kunci: HIV/ AIDS, Tingkat depresi, terapi murottal Al Qur’an Daftar Pustaka: 39 (2017 – 2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:14
Last Modified: 12 Jan 2023 07:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26703

Actions (login required)

View Item View Item