PERAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI UNTUK MEMPERKUAT HUBUNGAN FINANCIAL ATTITUDE DAN FINANCIAL KNOWLEDGE TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR (Studi Kasus UKM Batik Pekalongan)

HAMASTUTI, WAHYUTRI FUJI (2022) PERAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI UNTUK MEMPERKUAT HUBUNGAN FINANCIAL ATTITUDE DAN FINANCIAL KNOWLEDGE TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR (Studi Kasus UKM Batik Pekalongan). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Magister Manajemen_20402000017_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402000017_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Hingga saat ini peran Financial Management Behavior sangat penting untuk diimplikasikan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam dunia usaha di era 4.0. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Financial attitude, Financial knowledge dan Locus of control mampu meningkatkan serta mendorong Financial Management Behavior. Financial Management Behavior adalah kemampuan seseorang dalam mengatur (perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian, dan penyimpanan) dana keuangan sehari-hari (Kholilah, 2013). Data penelitian yang diambil adalah UKM Batik Pekalongan karena sebagian besar dari UKM Batik kota Pekalongan belum memahami bagaimana cara mengelola Financial Management Behavior dengan benar. Minimnya pengetahuan tersebut menyebabkan keungan UKM Batik tidak stabil. Kesalahan terbesar beberapa pengusaha batik adalah mengalokasikan hartanya untuk asset seperti mobil dan mendahulukan gaya hidup yang daripada menginvestasikan hartanya atau menggunakan sebagai tambahan modal sehingga produksi semakin meningkat yang memungkinkan penghasilan juga meningkat. Sampel data diambil dari 100 resonden UKM Batik di Pekalongan. Data analisis menggunakan model Modrated Regression Analysis (MRA). Hasil dari olah data menunjukkan bahwa Financial Attitude dan moderasi Locus of control terhadap Financial Attitude dikeluarkan dalam model karena tidak terlalu berpengaruh terhada Financial Management Behavior, sedangkan hasil dari Financial Knowledge adalah berpengaruh namun negatif sehingga yang mampu mendorong Financial Management Behavior adalah Locus of Control yang memoderasi Financial Knowldge. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan ilmu yang dipahami oleh masing-masing owner atau UKM Batik Pekalongan. Asumsi dari beberapa pemilik usaha adalah lebih penting menguasai ilmu untuk memasarkan Batik ke Mancangara dibandingkan ilmu mengelola keuangan, adapun yang berasumsi bahwa ilmu pengetahuan keuangan, marketing dan operasional sangat penting untuk diterapkan dalam dunia bisnis. Kata Kunci : Financial Management Behavior, Financial Attitude, Financial Knowledge dan Locus Of Control.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:14
Last Modified: 12 Jan 2023 07:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26702

Actions (login required)

View Item View Item