STUDI DESKRIPTIF DUKUNGAN KELUARGA DAN KEPATUHAN REMAJA DALAM MENJALANKAN PROTOKOL KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA KARANGTOWO

Rohmah, Milla Ainur (2021) STUDI DESKRIPTIF DUKUNGAN KELUARGA DAN KEPATUHAN REMAJA DALAM MENJALANKAN PROTOKOL KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA KARANGTOWO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800115_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800115_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)

Abstract

Latar Belakang : Jika fungsi keluarga tidak saling mendukung dan adanya banyak konflik didalam keluarga maka fungsi subjektif well-being pada remaja sangatlah rendah, begitupun sebaliknya. Pada remaja sekarang banyak terjadi ketidak patuhan dalam menjalankan program yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Banyak remaja yang membiarkannya abai begitu saja seolah-olah tidak terjadi apapun dilingkungan sekitar. Tujuan Penelitian : Mengetahui studi deskriptif dukungan keluarga dan kepatuhan remaja dalam menjalankan protokol kesehatan pada masa pandemi COVID-19 di desa Karangtowo. Metode : penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan kuesioner 40 pertanyaan, berisi 20 pertanyaan dukungan keluarga dan 20 pertanyaan kepatuhan remaja sebagai instrumen. Pengambilan sampel menggunakan teknin random sampling (cluster sampling) dengan jumlah remaja 164 remaja yang berada di Desa karangtowo. Hasil : Sebagian besar remaja mengalami peningkatan dukungan keluarga pada kepatuhan penerapan protokol kesehatan. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya studi dukungan keluarga dengan kepatuhan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 di desa karangtowo. Kesimpulan dan Saran : Semua responden mengalami kepatuhan remaja dikategorikan patuh pada pencegahan covid-19. Penelitian selanjutnya sebagai tambahan ilmu pengetahuan dalam bidang kesehatan, sebagai pengalaman belajar dan acuan dalam melakukan penelitian selanjutnya. Kata Kunci :Dukungan Keluarga dan Kepatuhan Remaja Sumber Literatur : 26 kepustakaan (2013-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:13
Last Modified: 12 Jan 2023 07:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26701

Actions (login required)

View Item View Item