PERAN KNOWLEDGE ORIENTED LEADERSHIP DAN CLIMATE KNOWLEDGE SHARING DALAM MENINGKATKAN INNOVATION BEHAVIOR BERBASIS KNOWLEDGE SHARING BEHAVIOR

Zaenuri, Zaenuri (2022) PERAN KNOWLEDGE ORIENTED LEADERSHIP DAN CLIMATE KNOWLEDGE SHARING DALAM MENINGKATKAN INNOVATION BEHAVIOR BERBASIS KNOWLEDGE SHARING BEHAVIOR. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Magister Manajemen_20401900062_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20401900062_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)

Abstract

Strategi peningkatan perilaku inovasi mempunyai peran penting dalam menciptakan peluang baru melalui inovasi. Sehingga dapat memastikan keberlanjutannya dalam mencapai keunggulan bersaing. Faktor-faktor yang perlu diketahui oleh sebuah organisasi dalam meningkatkan perilaku inovasi adalah kepemimpinan berorientasi pengetahuan dan iklim berbagi pengetahuan. dua factor tersebut mempunyai peran penting dalam meningkatkan perilaku inovasi supaya karyawan lebih efektif untuk mencapai sasaran secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk membahas secara detail hubungan pengaruh setiap variabel dan indikator, serta menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana meningkatkan perilaku inovasi melalui kepemimpinan berorientasi pengetahuan dan iklim berbagi pengetahuan dengan variabel mediasi perilaku berbagi pengetahuan. Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga kependidikan sebuah perguruan tinggi di Kudus, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebesar 108, menggunakan kuesioner yang didistribusikan secara langsung untuk memperoleh data secara objektif sekaligus sebagai instrumen penelitian. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan model persamaan struktural serta analisis faktor dan analisis jalur untuk menguji hipotesis dan menilai efek mediasi dari variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan beorientasi pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap perilaku inovasi, namun tidak signifikan terhadap perilaku berbagi pengetahuan. Sebaliknya iklim berbagi pengetahuan mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap perilaku inovasi dan signifikan terhadap perilaku berbagi pengetahuan. sedangkan perilaku berbagi pengetahuan memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku inovasi. Dengan demikian, ditemukan bahwa perilaku berbagi pengetahuan mampu menjadi variabel mediasi antara iklim berbagi pengetahuan terhadap perilaku inovasi. Kata kunci : perilaku inovasi, perilaku berbagi pengetahuan, kepemimpinan berorientasi pengetahuan, iklim berbagi pengetahuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:12
Last Modified: 12 Jan 2023 07:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26699

Actions (login required)

View Item View Item