PERBEDAAN PENGARUH TERAPI SENAM YOGA DAN SENAM AEROBIK TERHADAP KADAR GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETUS MELITUS TIPE 2 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DEMAK III

NISA, LINA ARIFATUN (2022) PERBEDAAN PENGARUH TERAPI SENAM YOGA DAN SENAM AEROBIK TERHADAP KADAR GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETUS MELITUS TIPE 2 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DEMAK III. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800105_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800105_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)

Abstract

Latar Belakang : Diabetus melitus merupakan merupakan penyakit degenerative atau sering disebut juga sebagai killer silent yang memerlukan penanganan yang serius karena penyakit ini dapat untuk disembuhkan. Diabetus melitus disebabkan karena pola makan yang tidak seimbang juga tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang baik. Aktivitas fisik yang dapat dilakukan untuk mengontrol kadar gula darah adalah senam aerobik dan senam yoga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada perbedaan nilai kadar gula darah antara kelompok senam aerobik dan yoga Metode : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan desain penelitian quasi exsperimental dengan pre post test grup desain. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi pada 40 responden dengan melakukan pengukuran kadar gula darah sebelum dan sesudah dilakukan senam aerobik dan yoga. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok yaitu senam aerobik dan senam yoga, keduanya dilakukan 3 kali dalam seminggu selama 2 minggu dan pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling. Data yang diperoleh secara statistik menggunakan. uji Inpaired T Test. Hasil : Hasil analisis dari 40 responden dibagi menjadi 2 kelompok senam aerobik dan yoga sebagian besar berjenis kelamin perempuan dengan rata-rata usia 35,40-36,30 dengan usia anatar 28-40 tahun dan mayoritas berpendidikan SD dengan presentase 60,00% (12 orang ) pada masing-masing kelompok perlakuan senam aerobik dan yoga. Hasil dari Uji Inpaired T Test antara Perbedaaan Pengaruh Senam Aerobik dan Senam Yoga pada Kadar Gula Darah Penderita Diabetus Melitus tipe 2 diwilayah kerja Puskesmas Demak III bermakna dengan menunjukkan nilai .000 atau p value < 0,05 Kesimpulan : Terdapat perbedaan rata-rata nilai kadar gula darah antara senam aerobik dan senam yoga di wilayah kerja puskesmas demak III Kata kunci : Diabetus Melitus, Senam Aerobik, Senam Yoga Daftar Pustaka : 49 (2010-2020)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:11
Last Modified: 13 Jan 2023 07:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26680

Actions (login required)

View Item View Item