PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUAN LANSIA TENTANG HIPERTENSI DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS SAYUNG

Kiftiyah, Lailyatul (2022) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUAN LANSIA TENTANG HIPERTENSI DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS SAYUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800104_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800104_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi merupakan salah satu problem sangat serius dalam dunia kesehatan saat ini. Seiring dengan munculnya angka morbiditas (kesakitan) hingga sampai pada mortalitasnya (kematian) yang cukup tinggi akhir-akhir ini. Hal tersebut ditandai dengan pelaporan secara totalitas pada tahun 2021 dengan jumlah kasus baru sebanyak 943.927 orang, dengan pravelensi jumlah penyakit Hipertensi menduduki proporsi paling banyak yaitu sebesar 60% di Jawa Tengah. Berdasarkan hasil studi pada bulan Juli 2021 di Puskesmas 1 Sayung didapati dengan jumlah keseluruhan yaitu 60% memiliki tekanan darah tinggi dan 40% mempunyai tekanan darah normal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengetahuan Hipertensi terhadap masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu dengan menyusun, mengumpulkan, menganalisis serta mengolah data dalam bentuk angka terhadap 30 responden yang bertempat tinggal di Desa Sayung. Dengan kerangka konsep penelitian dengan metode penyuluhan dan bimbingan, serta instrumen penelitian berupa angket atau kuisioner yang digunakan untuk pengumpulan data untuk mengetahui karakteristik responden. Pengolahan data menggunakan program SPSS dengan uji statistik yang dilakukan adalah analisa Univariate dan Bivariate dengan uji Wilcoxon. Hasil: Dari 30 responden sebelum dan sesudah diberikan pendidikan mengenai Hipertensi. Data dari 30 responden tersebut kemudian dianalisis menggunakan Wilcoxon. Hasil dari sebelum dan sesudah diberikan pengetahuan mengenai Hipertensi adalah 0,000 (p<0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan Hipertensi. Kesimpulan: Pendidikan tentang Hipertensi dapat mempengaruhi pengetahuan serta sikap dalam mengelola Hipertensi. Kata kunci : Pendidikan, Sayung, Hipertensi Daftar pustaka : 40 (2009-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:09
Last Modified: 13 Jan 2023 07:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26677

Actions (login required)

View Item View Item