HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KECEMASAN PADA REMAJA PUTRI YANG MENGALAMI PREMENSTRUAL SYNDROME DI RW 01 DESA TEGALARUM PATI

PURWANTI, ITA (2021) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KECEMASAN PADA REMAJA PUTRI YANG MENGALAMI PREMENSTRUAL SYNDROME DI RW 01 DESA TEGALARUM PATI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800098_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800098_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)

Abstract

Latar belakang: Sebagian besar remaja putri mengalami gejala sindrom pramenstruasi. Kurangnya pengetahuan, pengalaman, dan informasi di kalangan remaja putri tentang sindrom pramenstruasi dapat memperparah gejala yang dirasakan sehingga menimbulkan kecemasan. Kecemasan yang dapat terjadi pada remaja putri antara lain: gelisah, keringat dingin, ketakutan, dan berbagai gangguan kesehatan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan, tingkat pengetahuan dan sindrom premenstrual pada remaja putri di RW 01 Desa Tegalarum Pati. Metode: Jenis penelitian deskriptif korelasi non eksperimental dengan menggunakan desain cross sectional. Hasil: Hasil penelitian menggunakan uji statistik Spearman Rho didapatkan nilai probabilitas atau nilai ᵖ = 0,000 lebih kecil dari α 0,05 dan nilai korelasi Pearson r = -0,790. Hasil hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikan kurang dari α maka Ho di tolak dan Ha diterima, artinya ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang sindrom pramenstruasi dengan kecemasan remaja putri saat menghadapi sindrom pramenstruasi. Saran: Hasil penelitian ini dapat menambah wawasan ilmiah serta informasi untuk penelitian selanjutnya dengan metode yang sama ataupun beda mengenai hubungan antara tingkat pengetahuan tentang sindrom pramenstruasi dengan kecemasan remaja putri saat menghadapi sindrom pramenstruasi. Kata kunci : Pengetahuan, Kecemasan, Remaja, Sindrom Pramenstruasi Kepustakaan : 46 (2012 – 2020)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2023 04:18
Last Modified: 12 Jan 2023 04:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26670

Actions (login required)

View Item View Item