ENGARUH TERAPI RELAKSASI BENSON TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

SULISTIYANI, IRNA (2021) ENGARUH TERAPI RELAKSASI BENSON TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800097_fullpdf.pdf

Download (826kB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800097_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)

Abstract

Latar Belakang: Terapi relaksasi benson merupakan penggabungan antara relaksasi dengan keyakinan filosofis/agama yang dianut. Terapi relaksasi benson ini digunakan untuk mengobati hipertensi. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh relaksasi benson terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Metode: Desain penelitian menggunakan Quasi experiment dengan rancangan nonequivalent pre test and post test with control group design dengan teknik purposive sampling. Responden terdiri dari 15 kelompok perlakuan dan 15 kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tensimeter jarum, stetoskop, lembar observasi, dan SOP relaksasi benson. Hasil: Berdasarkan hasil analisis diperoleh 30 responden pengaruh terapi relaksasi benson terhadap tekanan darah pada pasien hipertensi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat penurunan tekanan darah responden setelah diberikan terapi yaitu tekanan darah sistolik sebesar 2,52 mmHg dan tekanan darah diastolik sebesar 1,77 mmHg. Simpulan: Berdasarkan analisis statistik menunjukkan bahwa tekanan darah sistolik turun secara signifikan dengan nilai p- value 0,000 dan tekanan darah diastolik dengan nilai p- value sebesar 0,029. Hal ini menunjukkan terapi relaksasi benson efektif menurunkan tekanan darah penderita hipertensi Kata kunci: Terapi relaksasi benson, Penurunan tekanan darah, Hipertensi Daftar Pustaka: 70 (2013-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2023 04:16
Last Modified: 12 Jan 2023 04:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26666

Actions (login required)

View Item View Item