HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL DAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN PRODUKSI AIR SUSU IBU (ASI) PADA IBU MENYUSUI DI DESA PADASUGIH WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEMARON

Nurtin, Ikhda Tsani (2022) HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL DAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN PRODUKSI AIR SUSU IBU (ASI) PADA IBU MENYUSUI DI DESA PADASUGIH WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEMARON. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800084_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800084_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Latar Belakang: Kontrasepsi hormonal merupakan sebuah cara untuk mencegah terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan dengan mengontrol sistem endokrin dalam tubuh. ibu menyusui memerlukan alat kontrasepsi yang aman digunakan selama proses laktasi, namun metode kontrasepsi hormonal terutama yang mengandung estrogen dapat mengakibatkan proses menyusui menjadi terhambat. Kondisi psikologis ibu juga dapat mempengaruhi proses menyusui, karena perasaan ibu dapat menghalangi atau meningkatkan pelepasan oksitosin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan kontrasepsi hormonal dan tingkat kecemasan dengan produksi ASI pada ibu menyusui. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif non eksperimental dengan studi korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 46 orang dengan teknik total sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan rumus chi-square. Hasil: Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 46 responden penelitian, sebagian besar memiliki karakteristik umur rata-rata 30,2 tahun, pendidikan responden SMP, pekerjaan responden ibu rumah tangga, status paritas responden multipara, jenis kontrasepsi hormonal yang digunakan jenis suntik 3 bulan, produksi ASI responden tidak lancar, tingkat kecemasan responden tingkat kecemasan ringan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan penggunaan kontrasepsi hormonal dan tingkat kecemasan dengan poduksi ASI pada ibu menyusui dengan p-value <0,05. Simpulan: Terdapat hubungan penggunaan kontrasepsi hormonal dan tingkat kecemasan dengan produksi Air Susu Ibu (ASI) pada ibu menyusui (p-value < 0,05). Kata kunci: Kontrasepsi Hormonal, Kecemasan, Air Susu Ibu (ASI) Daftar Pustaka: 63 (2011-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:12
Last Modified: 12 Jan 2023 03:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26637

Actions (login required)

View Item View Item