HUBUNGAN KEPATUHAN PERAWAT DALAM PENGGUNAAN APD DENGAN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Prameswari, Farah (2021) HUBUNGAN KEPATUHAN PERAWAT DALAM PENGGUNAAN APD DENGAN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800064_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800064_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Latar Belakang: Keselamatan pasien merupakan masalah universal yang menjadi standar rumah sakit dalam usaha meningkatkan mutu tujuan keselamatan pasien. Alat Pelindung Diri (APD) ialah alat yang digunakan oleh pekerja guna menjaga diri sebab kecelakaan kerja yang mungkin dapat terjadi dan daya bahaya di tempat kerja. Kepatuhan penggunaan APD oleh perawat sangat berpengaruh dalam menghindari kejadian Healthcare Associated Infection (HAIs), selain itu untuk mengurangi risiko terjadinya penularan penyakit dari pasien ke perawat ketika dilakukan tindakan keperawatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakah terdapat hubungan kepatuhan perawat dalam penggunaan APD dengan insiden keselamatan pasien di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penlitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 105 responden, pengambilan jumlah sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji spearmen rank correlation. Hasil: Penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan hasil responden yang termasuk dalam kategori patuh dalam penggunaan APD sebanyak 94 (89,5%) responden. Pada insiden keselamatan pasien seluruh responden termasuk dalam kategori rendah dengan jumlah 105 (100%) responden. Hasil uji statistik diperoleh nilai p-value: 0.000 (<0.05) yang artinya terdapat hubungan antara kepatuhan perawat dalam penggunaan APD dengan insiden keselamatan pasien. Simpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara kepatuhan perawat dalam penggunaan APD dengan insiden keselamatan pasien di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang dengan keeratan hubungan yang lemah (-0,348) serta arah hubungan negatif. Kata kunci: kepatuhan, alat pelindung diri (apd), insiden keselamatan pasien Daftar Pustaka: 36 (1993-2019)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:39
Last Modified: 12 Jan 2023 03:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26618

Actions (login required)

View Item View Item