HUBUNGAN HUBUNGAN PSYCHOLOGICAL WELL BEING PSYCHOLOGICAL WELL BEING DENGAN DERAJAT HIPERTENSI PADA PASIEN HIPERTENSI DI DENGAN DERAJAT HIPERTENSI PADA PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Elimunisa, Elimunisa (2022) HUBUNGAN HUBUNGAN PSYCHOLOGICAL WELL BEING PSYCHOLOGICAL WELL BEING DENGAN DERAJAT HIPERTENSI PADA PASIEN HIPERTENSI DI DENGAN DERAJAT HIPERTENSI PADA PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800056_fullpdf.pdf

Download (961kB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800056_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi adalah kenaikan tekanan darah sistolik mulai dari 140 mmHg atau tekanan diastolik mulai dari 90 mmHg yang muncul dalam dua tipe utama yaitu hipertensi esensial dan hipertesni sekunder. Faktor terjadinya hipertensi dapat disebabkan salah satunya karena kondisi psikologis seseorang. Masalah psikologis yang dirasa seperti stres atau emosi. Keadaan stres atau emosi yang terlalu banyak dapat memberikan efek pada tekanan darah tinggi karena mempengaruhi sistem imun. Psychological well being adalah pencapaiaan penuh dari potensi psikologis seseorang dan memiliki tujuan hidup, mampu mengendalikan lingkungan, dapat menjalankan hubungan baik terhadap sekitar serta dapat bertumbuh secara personal. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif non eksperimental dengan desain penelitian cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 91 orang dengan teknik Rumus Slovin. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan rumus chi square. Hasil: Berdasarkan hasil analisa dari 91 orang responden penelitian memperoleh bahwa paling banyak responden memiliki karakteristik sebaran umur kelompok lansia akhir 56-65 tahun, jenis kelamin perempuan, pendidikan responden SD, pekerjaan responden tidak bekerja, tingkat psychological well being responden rendah, dan derajat hipertensi responden hipertensi ringan serta didapatkan nilai p-value 0,022. Kesimpulan: Terdapat hubungan psychological well being dengan derajat hiperetnsi pada pasien hipertensi Kata Kunci: Psychological well being, Hipertensi Daftar Pustaka: 56 (2011-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:58
Last Modified: 12 Jan 2023 03:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26600

Actions (login required)

View Item View Item