HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DENGAN POLA HIDUP SEHAT USIA ANAK SEKOLAH DI MASA PANDEMI COVID-19

Dyki Maharani H G P., Dyki Maharani H G P. (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DENGAN POLA HIDUP SEHAT USIA ANAK SEKOLAH DI MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800055_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800055_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)

Abstract

Latar Belakang: Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan seperangkat perilaku yang dilakukan berdasarkan pengetahuan hasil belajar agar keluarga, kelompok atau masyarakat dapat menolong dirinya sendiri (secara mandiri) dan berperan aktif dalam terwujudnya kesehatan masyarakat. Penerapan pola hidup bersih dan sehat merupakan bentuk perilaku berdasarkan kesadaran sebagai cara belajar agar individu dapat membantu dirinya sendiri dalam memecahkan masalah kesehatan atau ikut serta dalam penciptaan masyarakat yang sehat di lingkungannya terutama terhadap pengetahuan pola hidup sehat anak usia sekolah di masa pandemic covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang perilaku hidup bersih dan sehat dengan pola hidup sehat usia anak sekolah pada di masa pandemi covid-19. Metode: Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif-kuantitatif dan korelasional, dengan sampel penelitian 73 siswa diantaranya 44 siswa laki-laki dan 29 siswa perempuan kelas IV dan V metode yang digunakan yaitu total sampling yang memenuhi kriteria inklusi. Instrument penelitian menggunakan kuesioner A, B, dan C, dengan menggunakan uji ststistik Spearman Rank. Hasil: Sebagian besar responden berusia 10 tahun, rata-rata adalah laki-laki, dan sebagian besar tinggal bersama orangtua. Hasil uji statistic didapatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang perilaku hidup bersih dan sehat dengan pola hidup sehat usia anak sekolah dimasa pandemic covid-19 dengan, korelasi hubungan yang positif dan keeratan hubungan yang lemah dengan nilai p=0,026 <  =0,05. Kata Kunci : Pengetahuan, PHBS, Pola hidup Sehat Daftar Pustaka: 54 (2012-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 07:41
Last Modified: 11 Jan 2023 07:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26597

Actions (login required)

View Item View Item